Peluang Usaha Bisnis Online yang Menguntungkan di tahun 2018



Pertumbuhan jumlah pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan sangat pesat beberapa tahun ini. Saat ini penggunaan internet tidak hanya dimonopoli oleh kalangan tertentu, namun sudah menjadi kebutuhan seluruh lapisan masyarakat. Bahkan sudah menjadi sumber pendapatan sehari-hari. Banyak orang yang menggunakan internet untuk berbisnis, salah satunya adalah bisnis online.

Bisnis online adalah semua jenis kegiatan bisnis yang dilakukan secara online dan menggunakan internet sebagai medianya. Pembeli dapat memilih barang atau jasa yang ditawarkan melalui website, blog, toko online (market place), atau media sosial. Selanjutnya transaksi dapat dilakukan secara online, dan barang atau hasil dari jasa yang dipilih dikirimkan melalui jasa kurir.

PELUANG USAHA


Berikut ini adalah peluang usaha yang dapat dilakukan secara online, adalah:
1.      Toko Online
Apabila Anda mempunyai barang andalan yang bisa dijual secara online, maka Anda dapat membuat sebuah toko online sebagai tempat Anda memajang barang dagangan. Misalnya toko online baju muslim, tasbih batu, atau mainan anak.

2.      Pembuatan website atau blog
Banyak orang yang berminat membuat website atau blog milik pribadi, ataupun milik perusahaan sebagai tempat untuk berpromosi. Namun membuat website atau blog ini ternyata tidak mudah bagi sebagian besar orang, sehingga banyak orang yang membutuhkan jasa untuk membuat website atau blog.

3.      Pembuatan disain grafis
Jasa pembuatan disain grafis adalah salah satu keahlian yang dibutuhkan oleh banyak orang untuk mengenalkan dan mempromosikan berbagai hal. Misalnya disain produk, disain logo usaha, atau produk animasi.

4.      Penulisan artikel atau konten blog
Beberapa tahun ini banyak orang yang membuat website atau blog, baik untuk tujuan komersial maupun non kemersial. Dan konsekwensinya mereka harus rajin posting artikel atau konten blog. Sayangnya tidak semua pemilik website atau blog mempunyai kemampuan menulis artikel atau konten blog yang baik. Karena itu banyak dibutuhkan para penulis artikel atau konten blog.

5.      Pengembangan aplikasi
Saat ini banyak perusahaan atau individu yang membutuhkan jasa untuk pembuatan dan pengembangan aplikasi sesuai dengan kebutuhan. Peluangnya masih sangat besar karena belum banyak orang yang mempunyai keahlian di bidang ini.

6.      Kursus online
Kondisi kota yang semakin semrawut membuat orang lebih memilih kursus-kursus online, daripada kursus konvensional yang membuat orang harus mendatangi tempat kursus dan menembus kemacetan. Berbagai kursus ditawarkan secara online. Misalnya kursus bahasa atau kursus musik.

7.      Bimbingan belajar online
Bimbingan belajar atau bimbel masih banyak dibutuhkan oleh para pelajar, dan bimbingan belajar secara online menjadi pilihan mereka karena lebih memudahkan. Menurut para pelajar, mereka bisa lebih serius belajar, lebih mudah dipahami, dan bisa belajar kapan saja.

8.      Menjadi youtuber
Menjadi youtuber terkenal masih menjadi impian banyak orang, terutama di kalangan anak muda. Apalagi sudah banyak contoh para youtuber yang sukses dan dapat meraup keuntungan dalam jumlah besar.


CARA BERBISNIS ONLINE


Sebelum memulai bisnis online, harus dipahami terlebih dahulu beberapa langkah berikut ini.
1.      Luruskan niat dan mempunyai mindset bisnis yang benar
Sebelum mulai berbisnis, Anda harus meluruskan niat terlebih dahulu sehingga Anda tidak mudah menyerah saat menghadapi berbagai kesulitan atau kendala. Cara pandang atau mindset Anda dalam berbisnis juga harus benar. Anda berbisnis tidak hanya sekedar mencari uang atau keuntungan, namun lebih dari itu. Anda berbisnis terutama untuk mengembangkan kemampuan pribadi Anda.

2.      Melakukan riset untuk menentukan bisnis online yang akan ditekuni
Sebelum mulai berbisnis, Anda harus bersedia meluangkan waktu untuk melakukan riset bisnis online apa yang mempunyai prospek bagus dan cocok untuk Anda. Banyak para pebisnis online yang sukses karena memulai bisnisnya dari hobinya sendiri.

3.      Membuat website, blog, atau toko online
Setelah Anda menentukan jenis bisnis yang akan ditekuni, selanjutnya Anda harus membuat website, blog, atau toko online sebagai tempat Anda memajang barang atau jasa.

4.      Melakukan berbagai promosi
Promosi dapat dilakukan secara gratis ataupun berbayar. Media yang paling mudah digunakan adalah media sosial yang Anda miliki. Selanjutnya apabila bisnis online Anda sudah berjalan baik, maka dapat menggunakan media promosi yang berbayar.

5.      Mempunyai mentor atau komunitas yang mendukung
Mentor berfungsi untuk memberikan bimbingan pada Anda dalam melakukan bisnis online, sedangkan komunitas dapat memberikan semangat dan motivasi untuk terus berbisnis online.





EmoticonEmoticon