Cara Cepat Mendapatkan Pinjaman Dana



Saat ini sudah banyak alternatif yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mendapatkan pinjaman dana sesuai kebutuhan. Selain mengajukan pinjaman ke bank, masyarakat juga dapat mengajukan pinjaman pada perusahaan atau lembaga non perbankan yang menyediakan fasilitas pinjaman dana secara cepat. Misalnya adalah Pegadaian, Koperasi atau Perusahaan Multifinance.

Pinjaman dana secara cepat dapat diperoleh dengan cara menggadaikan sertifikat rumah, menggadaikan BPKB motor atau mobil, dan menggadaikan emas. Anda cukup hanya datang ke kantor cabangnya dengan membawa barang yang akan dijadikan jaminan, kemudian prosesnya hanya 1-2 jam, tergantung antrian pada saat itu. Dan Anda dapat membawa pulang dana yang Anda butuhkan, apabila pengajuan Anda disetujui.

GADAI SERTIFIKAT RUMAH


Sertifikat rumah dan tanah dapat pula dijadikan jaminan untuk berbagai produk pinjaman yang dimiliki oleh perbankan. Pinjaman dana dengan menggadaikan sertifikat rumah prosesnya tidak bisa secara cepat, karena pihak perbankan dan perusahaan multifinance perlu melakukan proses appraisal, yang bertujuan untuk menaksir harga rumah atau properti yang dijaminkan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pihak perbankan dan perusahaan multifinance dalam menentukan jumlah pinjaman adalah:

· Harga pasaran rumah atau properti

Pihak perbankan dan perusahaan multifinance akan membandingkan jumlah pinjaman yang Anda ajukan dengan harga pasaran rumah atau properti yang Anda ajukan sebagai jaminan. Biasanya jumlah pinjaman yang diberikan maksimal 70-80% dari harga pasaran rumah atau properti tersebut.

· Spesifikasi dan kondisi bangunan

Spesifikasi dan kondisi bangunan juga dapat mempengaruhi harga rumah atau properti yang Anda jaminkan. Kondisi yang diperhitungkan adalah:
  • o Luas tanah dan luas bangunan
  • o Jenis lantai (keramik, marmer, semen, atau bahan lainnya)
  • o Material bangunan
  • o Lokasi rumah


· Kelengkapan dokumen

Kemampuan Anda untuk melengkapi seluruh dokumen yang telah ditentukan dapat menjadi pertimbangan pihak perbankan dan perusahaan multifinance dalam menentukan jumlah pinjaman untuk Anda. Dokumen apa saja yang harus dilengkapi dapat Anda tanyakan pada pihak perbankan atau perusahaan multifinance yang Anda gunakan.

Persyaratan umum untuk gadai sertifikat rumah adalah:
  • · Pemohon berusia 21 tahun.
  • · Pada saat pelunasan usia pemohon di bawah 55 tahun.
  • · Mempunyai penghasilan minimum sesuai ketentuan


GADAI BPKB MOTOR ATAU MOBIL


Pinjaman uang dengan cara menggadaikan BPKB motor atau mobil prosesnya bisa lebih cepat, bahkan di Pegadaian atau perusahaan multifinance dapat diproses hanya dalam 1 hari. Saat ini Anda dapat pula mengajukan pinjaman dana dengan jaminan BPKB motor atau mobil secara online. Anda tinggal mengisi formulir online atau disebut juga e-formulir, selanjutnya Anda akan dihubungi oleh perusahaan multifinance yang bersangkutan.

Jumlah pinjaman dana dengan cara gadai BPKB motor atau mobil yang dapat Anda terima disesuaikan dengan taksiran harga pasaran motor atau mobil yang Anda jaminkan. Besarnya dana yang dapat disetujui maksimal 80% dari harga motor atau mobil yang dijadikan jaminan.

Usia motor yang dapat dijadikan jaminan maksimal adalah 9 tahun, sedangkan usia mobil adalah maksimal 15 tahun. Ketentuan ini bisa saja berbeda, sesuai dengan ketentuan perbankan atau perusahaan multifinance tempat Anda mengajukan pinjaman.

Informasi tentang persyaratan dan kelengkapan dokumen yang harus Anda persiapkan dapat Anda temukan pada website milik Pegadaian, perbankan atau perusahaan multifinance yang Anda percayai. Atau dapat datang langsung ke kantor cabang mereka yang dekat dengan rumah Anda, dengan membawa motor atau mobil yang akan digadaikan, BPKB motor atau mobil, dan fotokopi KTP Anda. BPKB motor atau mobil yang Anda jaminkan harus milik Anda sendiri. Apabila milik orang lain, maka Anda harus menanyakan bagaimana ketentuannya agar motor atau mobil tersebut dapat Anda gunakan sebagai jaminan.

GADAI EMAS


Gadai emas di PT Pegadaian (Persero) merupakan cara cepat mendapatkan pinjaman dana. Prosesnya tidaklah lama, bahkan tidak sampai satu jam. Persyaratan yang dibutuhkan juga mudah. Cukup hanya membawa emas yang akan digadaikan beserta surat-suratnya, Baik berupa bukti pembelian emas, maupun sertifikat emas tersebut. Tujuannya agar Pegadaian tidak menerima emas yang bermasalah. Selain itu harus dibawa pula kartu identitas Anda, bisa KTP, SIM, atau Paspor.

Proses selanjutnya, petugas Pegadaian akan menaksir berapa nilai barang emas Anda. Jumlah pinjaman yang dapat diberikan adalah sebesar 92 – 95% dari harga emas tersebut. Petugas akan memberi tahu jumlah pinjaman yang dapat diberikan, dan terserah kepada Anda apakah akan diambil seluruhnya atau sesuai kebutuhan Anda saja.

Anda akan dikenakan sewa modal sebesar 1,150% selama 15 hari dari jumlah pinjaman dana yang Anda dapatkan, dan biaya administrasi di awal sebesar Rp 25.000,- Jangka waktu peminjaman di Pegadaian berlaku selama 4 bulan. Selama periode tersebut, Anda dapat mencicil dengan menyetornya ke Pegadaian sewaktu-waktu, dan Anda harus melunasi pinjaman pada saat jatuh tempo.

Apabila Anda belum dapat melunasinya, maka Anda dapat memperpanjangnya untuk 4 bulan berikutnya. Dan apabila Anda tidak memperpenjang masa pinjaman, maka barang emas Anda akan dilelang oleh Pegadaian. Karena itu, Anda harus memperhatikan tanggal jatuh tempo barang emas Anda, agar tidak melewati batas waktu dilelang.



EmoticonEmoticon