Cara Membuat Kartu Kredit dengan Mudah dan Cepat



APA ITU KARTU KREDIT?

Menurut Wikipedia, sistem kartu kredit adalah suatu jenis penyelesaian transaksi ritel (retail) dengan sistem kredit. Dan sebagai alat untuk menyelesaikan transaksi ritel tersebut, maka pihak perbankan menerbitkan sebuah kartu plastik, yang disebut dengan kartu kredit. Sehingga pemegang kartu kredit dapat menyelesaikan berbagai transaksi di merchant-merchant yang menerima pembayaran dengan kartu kredit . Mudah dan aman.

Dengan menggunakan kartu kredit, nasabah dipermudah dalam bertransaksi. Sistem yang digunakan adalah kartu kredit memberikan dana talangan untuk transaksi tersebut. Kemudian pada tanggal tertentu yang telah ditetapkan, bank penerbit kartu kredit akan mengirimkan lembar penagihan (billing statement) kepada nasabah. Pada lembar penagihan dirinci seluruh transaksi yang telah dilakukan oleh nasabah dan berapa jumlah seluruh tagihan yang harus dibayar oleh nasabah tersebut. Nasabah diberikan jangka waktu dalam melakukan pembayaran tagihannya.

Saat ini seluruh kartu kredit sudah dilengkapi dengan sebuah chip yang berfungsi untuk menyimpan data pemilik kartu kredit tersebut. Penggunaan chip tersebut menjamin keamanan data nasabah dari upaya pihak lain untuk menggunakan data tersebut bagi kepentingannya pribadi.


SYARAT MEMBUAT KARTU KREDIT

Bank-bank penerbit kartu kredit menawarkan berbagai kemudahan yang menarik untuk masyarakat dalam mengajukan aplikasi kartu kredit. Calon nasabah cukup hanya melengkapi seluruh dokumen yang diminta.

Namun sebelum melengkapi seluruh dokumen, calon nasabah terlebih dahulu harus memenuhi persyaratan berikut ini:
·         Batas usia calon nasabah
Umumnya bank penerbit kartu kredit menetapkan usia minimal adalah 21 tahun untuk pemegang kartu kredit utama. Sedangkan untuk pemegang kartu tambahan usia minimal adalah 17 tahun.

·         Batas minimal pendapatan calon nasabah
Karena sistem yang digunakan dalam kartu kredit adalah memberikan dana talangan, maka bank penerbit harus mendapat jaminan bahwa calon nasabah tersebut mempunyai penghasilan yang cukup untuk membayar tagihannya. Karena itu bank penerbit kartu kredit menetapkan batas minimal pendapatan bersih calon nasabah adalah 3 juta per bulan.

Apabila kedua persyaratan tersebut telah dapat dipenuhi, maka calon nasabah dapat melengkapi persyaratan dokumen, yaitu:
·         Fotocopy KTP
·         Fotocopy NPWP
·         Fotocopy bukti pendapatan atau slip gaji
·         Fotocopy lembar tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir, bagi yang sudah memiliki kartu kredit.


UNTUNG RUGI PUNYA KARTU KREDIT
Saat ini kartu kredit bukan hanya sekedar alat untuk mempermudah dalam bertransakasi. Namun lebih dari itu, kartu kredit sudah menjadi kebutuhan untuk gaya hidup masyarakat yang tinggal di kota-kota besar. Apalagi berbagai jenis kartu kredit selalu menawarkan banyak promo yang menarik bagi nasabah.

Keuntungan Mempunyai Kartu Kredit:
·         Praktis
Tidak perlu membawa uang tunai kemana-mana untuk bertransaksi di berbagai merchant di seluruh Indonesia, bahkan di dunia.

·         Kemudahan dalam bertransaksi
Pemilik kartu kredit dapat menyelesaikan berbagai transaksi di manapun berada cukup hanya dengan menggunakan sebuah kartu plastik yang diterbitkan oleh bank.

·         Aman
Berbagai transaksi yang dilakukan oleh nasabah dijamin keamanannya oleh bank penerbit kartu kredit dengan berbagai langkah keamanan.

·         Dapat digunakan di berbagai merchant
Kartu kredit dapat diterima di berbagai merchant yang bekerja sama dengan kartu kredit tersebut. Misalnya di supermarket, rumah sakit, hotel, tempat wisata, belanja online, lembaga pendidikan, dan lainnya.

·         Menawarkan banyak fitur yang menguntungkan
Masing-masing kartu kredit menawarkan berbagai fitur yang bertujuan untuk mempermudah nasabahnya. Misalnya program cicilan 0% atau penarikan uang tunai (cash advance)

·         Banyak diskon dan cashback
Berbagai diskon menarik dan cashback yang dapat diperoleh pemilik kartu kredit di merchant-merchant tertentu yang bekerja sama dengan kartu kredit tersebut.

·         Reward
Dari setiap transaksi yang dilakukan nasabah akan memdapatkan reward berupa poin. Dan selanjutnya reward tersebut dapat ditukarkan dengan berbagai penawaran menarik.


Kerugian Mempunyai Kartu Kredit:
·         Kartu kredit sama dengan berhutang
Kartu kredit hanya memberikan dana talangan untuk melakukan transaksi. Berarti kita harus membayarnya nanti ketika lembar penagihan sudah di tangan. Berarti menggunakan kartu kredit sama saja dengan berhutang.

·         Keinginan berbelanja menjadi tidak terkontrol
Karena kemudahan dalam bertransaksi, sering kali pemilik kartu kredit tidak dapat mengontrol keinginannya atau nafsunya dalam berbelanja. Apalagi kalau bertemu dengan penawaran diskon yang akan bertebaran pada saat-saat tertentu, misalnya menjelang hari raya, saat liburan, atau pada akhir tahun.

·         Pembayaran bunga dan biaya lainnya
Pemilik kartu kredit akan dibebani bunga apabila tidak dapat membayar tagihan sesuai batas waktu yang telah ditetapkan. Selain itu ada biaya lainnya yang akan muncul pada lembar tagihan, misalnya biaya untuk melakukan penarikan tunai.

Mempertimbangkan berbagai keuntungan dan kerugian mempunyai kartu kredit, maka pemilik kartu kredit harus dapat mengukur kemampuannya sendiri sehingga tidak akan terjerat dalam tagihan kartu kredit yang tak ada habis-habisnya.




EmoticonEmoticon