Syarat pinjam uang di bank agar cepat disetujui


Kebutuhan ekonomi setiap orang berbeda, ada yang berkecukupan namun ada juga yang pas-pasan. Untuk orang yang memiliki ekonomi yang cukup masalah keuangan tidak akan ada problem. namun berbeda dengan orang yang "pas-pasan", jika dalam suatu waktu ada kebutuhan mendesak seperti biaya sekolah anak, biaya rumah sakit, liburan, atau kebutuhan lainnya maka hal ini dapat membuat pusing tujuh keliling.

Salah satu cara yang paling mudah adalah pinjam uang. Bisa pinjam uang teman, pinjam uang di kantor atau pinjam uang bank. jika Anda memilih untuk pinjam uang bank, maka Anda harus mempersiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan untuk pinjam uang di bank karena syarat yang diminta oleh bank cukup banyak dan bank sangat ketat dalam melakukan seleksi bagi pemohon yang mengajukan kredit.

Syarat pinjam uang di bank agar cepat disetujui akan saya jelaskan satu persatu di artikel ini. Penjelasan akan saya bagi dua antara pengajuan karyawan dan pengajuan bukan karyawan (pengusaha).


Syarat pinjam uang di bank untuk karyawan:

1. Harus sudah berstatus karyawan tetap minimal 2 tahun

Status kepegawaian sangan penting dalam pengajuan kredit, apabila Anda masih berstatus karyawan kontrak dan outsourcing maka kemungkinan besar bank tidak dapat menyetujui pengajuan kredit Anda. Status kepegawaian cukup penting karena bank meminimalisir resiko yang ditanggung. Status outsourcing dan karyawan kontrak di asumsikan dapat dilakukan pemutusan hubungan kerja secara sepihak oleh bank atau kontrak yang tidak diperpanjang oleh perusahaan sehingga akan mengganggu cash flow dalam melakukan angsuran. Sebaliknya jika status kepegawaian sudah karyawan tetap maka kepastian untuk tahun-tahun selanjutnya lebih terjamin.


2. Gaji minimal 3 juta rupiah dan di transfer (payroll bank)

Gaji yang diterima setiap bulannya minimal 3 juta rupiah. Dan rasio cicilan terhadap gaji adalah 1/3 atau kurang lebih 30-40%. Hal ini dikarenakan pihak bank memperhitungkan biaya hidup sehari-hari. Dan gaji yang diterima wajib melalui payroll bank. Karena analyst bank akan melakukan verifikasi terhadap besaran gaji yang diperoleh. Sehingga apabila slip gaji dan mutasi rekening cocok maka kesempatan disetujui lebih besar.


3. Tidak ada blacklist atau tunggakan pada angsuran lain.

Setiap pengajuan kredit pihak bank akan melakukan pemeriksaan latar belakang Anda. Pemeriksaan dilakukan dengan cara pengecekan sistem informasi debitur (SID) Bank Indonesia yang biasa disebut dengan istilah BI Checking. Apabila Anda memiliki tunggakan kredit lain seperti cicilan motor, cicilan mobil, kartu kredit, KTA, atau cicilan apapun maka informasi tersebut akan muncul di BI Checking. Jadi cara agar pengajuan kredit Anda disetujui adalah dengan menjaga agar seluruh angsuran tetap lancar

Baca Juga: Mengetahui Apa Itu BI Checking?


Syarat pinjam uang untuk non-karyawan / pengusaha:


1. Wajib memiliki kelengkapan surat-surat terkait ijin usahanya.

Setiap pengusaha harus memiliki surat-surat yang diperlukan. Seperti surat ijin usaha (SIUP), tAnda daftar perusahaan (TDP), akta pendirian perusahaan dan pengesahan menteri kehakiman. Seluruh Surat tersebut wajib dimiliki oleh pemilik usaha untuk membuktikan bahwa usaha tersebut legal dan sah secara hukum.

2. Usaha sudah berjalan minimal 3 tahun

Syarat lainnya adalah usaha tersebut harus sudah berjalan minimal 3 tahun. Dengan asumsi usaha yang telah berjalan 3 tahun maka usaha tersebut sudah stabil. Apabila belum 3 tahun akan sulit disetujui oleh pihak bank.


3. History keuangan tercatat di rekening (mutasi debet kredit)

Seluruh transaksi keuangan harus tercatat di rekening. Hal ini diperlukan untuk memverifikasi bahwa usaha Anda real. Bukan usaha fiktif. Jadi biasakan agar transaksi pembayaran konsumen menggunakan rekening begitu juga untuk pembayaran ke supplier juga harus tercatat di rekening.

4. Membuat neraca keuangan dan laporan laba rugi

Setiap pengusaha diwajibkan untuk membuat laporan neraca keuangan dan laba rugi. Laporan ini dipergunakan sebagai dasar untuk menghitung pendapatan per bulan. Pihak bank juga memiliki rumus tersendiri dalam menghitung pendapatan berdasarkan jenis usaha Anda.


Selain syarat pinjam uang yang saya sebutkan diatas, masih ada syarat pinjam uang yang harus dipenuhi oleh karyawan maupun pengusaha, yaitu:

1. Rumah yang dijaminkan harus masuk kriteria bank.

Ada empat poin utama untuk rumah yang dijaminkan yaitu: - Rumah bebas banjir - Jalan depan rumah minimal 3 meter - Jauh dari kuburan dan sutet - Surat-surat lengkap. Mengenai pembahasan ini saya telah menuliskannya secara tersendiri, silahkan baca tulisan saya mengenai Kriteria rumah yang dapat dijaminkan ke bank untuk mendapatkan kredit.

2. Segera lengkapi data-data pendukung yang diminta oleh bank.

Pihak bank pasti akan meminta data-data lain seperti copy ktp, kk, surat nikah, npwp, surat keterangan kerja, slip gaji, rekening tabungan, dll. Segera lengkapi data-data tersebut agak proses kpr tidak menunggu lama akibat data yang kurang lengkap.

Setelah seluruh syarat pinjam uang diatas Anda penuhi, saya dapat meyakinkan Anda bahwa pengajuan Anda pasti disetujui. Memang tidak ada jaminan 100% pasti disetujui, namun dengan modal syarat tersebut telah dipenuhi, banyak bank yang menunggu Anda apply. Demikianlah syarat pinjam uang di bank yang dapat saya bagikan. Apakah Anda sudah memiliki semua syarat diatas? Silahkan berkomentar di sini. Saya akan bantu jawab. Terima kasih



EmoticonEmoticon