Syarat Utama Pengajuan Kredit Renovasi atau Pembangunan Rumah



Nama*:
Tri Hendrianto
Alamat*:
-
Email*:
Nendennurha***@***.com
Nomor Telepon*:
08997006***
Informasi Pekerjaan/Pekerjaan*:
Karyawan tetap masa kerja >2thn
Nama Perusahaan*:
PT Sari Ater
Informasi Pendapatan/Pendapatan*:
Karyawan - Gaji diterima transfer via bank
Nominal Gaji*:
Rp.11.000.000,-
Cicilan Bulanan Lain-lain*:
-
Jenis Kredit/Mengenai*:
Kredit Pembangunan dan Renovasi
Pertanyaan*:
Pak, saya Nenden pegawai swasta, bila gaji dikompare dengan suami penghasilan perbulan menjadi 10jt, dan pengeluaran perbulan sebesar 2jt. Bila saya ingin mengajukan pinjaman 200jt selama 10 thn, apakah bisa? Apakah ada syarat bila meminjam untuk pembangunan, lebar jalan di depan rumah harus berapa meter?






















Selamat sore Ibu Nenden,

terima kasih atas pertanyaannya, menurut perhitungan saya, untuk pinjaman sebesar 200juta dengan jangka waktu 10 tahun, angsuran perbulannya adalah 2.65juta. Dengan total gaji sebesar 10juta sudah mencukupi untuk mendapat pinjaman tersebut.  Terlebih lagi status kepegawaian Bpk/Ibu sudah karyawan tetap dan sudah bekerja >2tahun.

Mengenai pengajuan fasilitas kredit untuk pembangunan rumah tinggal ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dari sisi rumah yang akan dijaminkan antara lain:

Sertifikat, IMB, PBB Lengkap

Rumah harus sudah memiliki sertifikat, Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) sudah diurus namun apabilaIMB belum keluar bisa digantikan sementara dengan Resi Pengurusan IMB yang di dapat dari dinas tata kota. Ibu juga harus sudah menerima tagihan PBB terbaru dan bukti bayarnya.


RAB (Rencana Anggaran Biaya)

Ibu juga harus membuat RAB mengenai total anggaran yang dibutuhkan dalam pembangunan rumah tersebut. RAB ini bisa ibu buat sendiri atau bisa minta bantuan kontraktor/ arsitek yang menanganinya.

Lokasi Rumah

Syarat ini yang penting, yaitu lokasi rumah harus bebas banjir, jauh dari kuburan dan sutet, jalan depan rumah minimal > 3 meter. Lebih aman diukur dulu lebar jalannya.
Syarat-syarat lain hanya syarat administrasi umum saja seperti data diri, data pekerjaan, data keuangan, dll. Ibu bisa baca persyaratan yang dibutuhkan untuk pengajuanpembangunan rumah di blog ini. Terima kasih



EmoticonEmoticon