Pelunasan Sebagian


Nama: alfath syami
Mohon ijin bertanya;
Kami ajukan kredit KPR utk jangka waktu 15 tahun. ternyata disetujui 100% dari total pengajuan tetapi selama 25 tahun. ini sepertinya akan sangat memberatkan kami.
Bolehkah atau bagaimana prosedur jika setelah berjalan 10 tahun, lalu saya mau membayar 10 tahun berikutnya sekaligus karena ada kelebihan rizqi, lalu sisanya yang 5 tahun kami cicil sampai tahun ke15.
Sekali lagi bolehkah demikian di setiap Bank dan bagaimana prosedurnya jika ya?
Terimakasih

Jawaban:

Dear alfath syami, terima kasih sudah berkonsultasi kepada kami,  Dalam kasus Anda, kemungkinan berdasarkan perhitungan Analis, jangka waktu 15 tahun masih kurang, sehingga diperpanjang menjadi 25 tahun agar mendapat full plafon kredit.

Di bank, ada prosedur yang disebut pelunasan sebagian, prosedur ini memungkinkan kita untuk membayar pokok pinjaman nya saja, sehingga jika sewaktu-waktu kita ada dana lebih, kita bisa minta ke bank untuk di proses pelunasan sebagian. Setelah dilakukan pelunasan sebagian, biasanya bank akan menghitung ulang biasanya memberikan 2 opsi, yang pertama cicilan bulanan akan tetap seperti sebelumnya tetapi jangka waktu di perpendek, atau yang kedua jangka waktu tetap, cicilan disesuaikan menjadi lebih ringan.

Demikian penjelasan dari kami. terima kasih


2 komentar

DEAR MAS SANRIO,


Saya mau bertanya menegenai pelunasan KPR, Pada saat pelunasan saya membaca adanya biaya PSJT yang harus kita bayarkan ke Bank, apakah kita sebagai nasabah bisa mengakalinya dengan tidak melakukan pelunasan sekaligus namun kita menyisakan 1 atau 2 bulan agar pelunasan terakhir metodenya tetap mencicil sehingga kita tidak terkena biaya PSJT, mohon dibantu untuk hal ini

Pada dasarnya bisa pak bisa diakali dengan melakukan pelunasan sebagian, tetapi bapak harus cek terlebih dahulu di klausul perjanjian kreditnya. Karena beberapa bank ada yang membatasi maksimal pembayaran sebagiannya. Ada juga beberapa bank yang free PSJT.


EmoticonEmoticon